MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN


Di rea globalisasi sekarang ini, persaingan antar sekolah untuk menjadi yang terbaik dari instansi pendidikan lain memang harus dilakukan. Perencanaan beberapaprogram untuk meningkatkan mutu pendidikan telah dipersiapkan. Demikian halnya dengan SMABASA, dimana masyarakat sering menyebut sebagai ikonnya ICT SMA di Surakarta. Beberapa materi sudah dirancang jauh-jauh hari demi menunjang kemajuan pendidikan. Pertama, efektifitas proses belajar mengajar di kelas, harus ada peningkatan dari segi pembelajaran yang dilalukan oleh guru, yaitu media hotspot, ICT, kondisi dan media lain yang mendukung jalannya kegiatan belajar mengajar. Kedua, sarana yang harus memenuhi standar nasional pendidikan sesuai dengan PP No. 19 Tahun 2005, SMABASA ditunjuk sebagai Sekolah Berbasis Mandiri (SKM) dari 3 level sekolah yang ada : SBI, SKM. SS. Ketiga adalah guru. Meskipun udah memenuhi standar guru SMA yaitu harus sarjana S1, namun SMABASA sudah memiliki guru sarjana S2. bagaimanapun juga sekolah tak kenal lelah untuk terus meningkatkan profesionalitas guru dengan mengadakan workshop, seminar, dan rapat koordinasi yang diadakan sekolah.

Program SKS

Tahun 2012 pemerintah mengharuskan semua sekolah yang menggunakan program SKS harus memenuhi 8 standar nasional penndidikan. SMABASA mengharapkan adanya peningkatan mutu pendidikan dengan diberlakukannya SKS. Karena program dari SKS bukan hanya mementingkan kecepatan berpikir para siswanya, melainkan dengan waktu kelulusan yang wajar yaitu 6 semester. Dengan program tersebut siswa bias lulus hanya dalam waktu 4-5 semester. Sedangkan semester ke-6 dapat digunakan untuk penguasaan ilmu-ilmu yang dapat digunakan langsung di dunia kerja atau masyarakat. Ilu-ilmu tersebut dapat berupa jurnalistik, otomotif, desain grafis, maupun ilmu-ilmu lainnya yang menjadi tujuan kerja bagi masing-masing individu.untuk menyambut program SKS ini SMABASA melakukan persiapan-persiapan, diantaranya kita harus mengerti betul SKS itu seperti apa. Sekolah juga mengadakan workshop dengan menghadirkan pakar-pakar dari Perguruan Tinggi untuk memberi pemahaman mengenai SKS. Apalagi di samping sistem yang telah dibentuk, sekolah terus mengembangkan dengan mencari referensi-referensi melalui internet, buku-buku dan lain-lain. Oleh karena itu, secara ilmu SMABASA telah mempersiapkan dengan sebaik-baiknya. Sedangkan dari sei perangkat keras, sekolah sudah menyediakan perangkat untuk program SKS seperti sistem Blanko KRS (Kartu Rencana Siswa) yang dapat diisi sesuai jam kelas yang diambil oleh masing-masing individu.

            Semoga segala sesuatu yang telah dirancang oleh pihak sekolah dapat berjalan dengan baik. Kita sebagai siswa sebaiknya turut ikut andil untuk mewujudkan apa yang telah menjadi cita-cita SMABASA. Dengan terus berprestasi dan membawa nama baik sekolah dimanapun kita berada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s