JERAPAH :pelari cepat, berleher panjang


Jerapah sering kali mencapai ketinggian 5 sampai 6 meter. Bagian tepanjang leher adalah lehernya. Leher panjangnya memungkinkan ia mencapai cabang-cabang pohon yang tinggi dan makan dari tunas serta daun-daunan.

Struktur lehernya, cara tidur jerapah mengingatkan kita pada keberadaan Allah. Saat tertidur, jerapah menjulurkan lehernya di atas tubuhnya. Kecuali untuk beberapa menit, mereka tidur berdiri dengan posisi seperti itu.

Jerapah tidak tidur semuanya pada waktu yang sama, salah satu dari mereka terjaga untuk melindungi yang lainnya. Bahwa seekor jerapah mengobankan tidurnya untuk menjaga yang lain dan kesepakatan mereka dalam hal ini menunjukkan kepada kita kekuasaan Allah terhadap jerapah sebagaimana pada semua binatang lainnya.

CARA MINUM

Barangkali kebanyakan orang tak pernah berpikir bagaimana seekor jerapah membungkukan badannya dan minum air tanpa kesulitan. Bagaimanapun, Tuhan kita yang menciptakan segala sesuatu, ingin agar kita merenunugkan system yang sempurna ini.

Pertama, mari kita perjelas bahwa ketika minum air, masalah serius menanti binatang berleher panjang ini. Untuk memahami problem mendasar ini, kita perlu mengingat satu hal: apa yang bakal terjadi apabila kalian mencoba berdiri di atas kepala? Sudah pasti, wajah kita akan memerah. Hal ini dikarenakan, darah kita mengalir deras kea rah kepala dengan adanya gaya gravitasi bumi dan memberikan tekanan pada pembuluh darah.

Inilah yang terjadi tatkala jerapah sedang minum. Seperti yang kalian bayangkan, ini menjadi masalah besar.tubuh jerapah yang sangat tinggi – kira-kira lima sampai enam meter – tekanan darah di kepalanya yang merunduk kebawah menjadi sangat besar. Jika manusia mngalami tekanan darah yang demikian, otaknya akan segera meledak.

Yang menjadi pertanyaan, bagaimana seekor jerapah minum air tanpa terjadi pendarahan otak? Itu semua karena Allah, Sang Pencipta langit, bumi, dan semua makhluk, telah menempatkan mekanisme khusus di dalam kepala jerapah.

Taredapat katup kecil pada bagian dalam pembuluh darah di kepala jerapah. Sekali ketinggian kepala jerapah berubah, katup-katup ini mulai beroprasi dan mencegah tekanan darah yang tinggi di kepala.

PELARI CEPAT

Pada saat berbahaya, jerapah berlari dengan kecepatan 55 sampai 60 kilometer per jam. Ketika mereka mulai berlari, mereka menggerakkan kepalanya ke depan dan belakang seperti pompa, dan menggulung ekornya. Tidak seperti binatang lannya, jerapah tidak mengambil langkah menyilang. Mereka menggerakkan bagian kiri kaki depan dan belakang terlebih dahulu, baru kemudian bagian kaki depan. Berkat hal ini, singa-singa kesulitan menangkap jerapah. Namun, itu tidak berlaku untuk jerapah-jerapah muda. Dengan kaki kecil dan lemah, mereka tidak bisa berlari secepat induknya. Oleh karena itu, mereka menjadi mangsa yangkudah bagi singa. Akan tetapi, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, anak-anak jerapah selalu tinggal dengan induknya. Berkat kaki panjangnya, induk jerapah mampu memberikan tendangan mematikan untuk menjaga mereka. Kita berhenti sejenak untuk berpikir. Jerapah bukanlah manusia. Jerapah adalah binatang. Binatang tak mempunyai kemampuan untuk berpikir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s