MAKAN SUPAYA TENANG


Makanan nggak Cuma berfungsi sebagai pengobat rasa lapar, lho. Dari penelitian para ahli terbukti bahwa makanan dan kudapan ternyata juga punya khasiat lain, yaitu obat yang bisa bikin tenang, rileks, dan santai. Wah asyik juga ya, sudah tenang santai pula.

  • COKELAT. Karbohidrat yang dibentuk oleh senyawa kimia dalam cokelat akan menghasilkan serotonin. Nah, zat inilah yang membantu stimulasi otak sehingga kita merasa lebih tenang. Eitss… tapi jangan kebanyakan ya, supaya lemak nggak bertimbun di tubuh kita.
  • MADU. Memiliki sifat sedative (penenang) ringan yang bisa membuat kita lebih rileks. Kalau mau lebih nikmat. Campurkan dengan susu dan diminum sebelum tidur, supaya bisa tidur nyenyak.

  • KACANG-KACANGAN. Mengandung banyak kalsium yang membantu menenangkan emosi.
  • THE CHAMOMILE. Mempunyai efek penenang yang dapat menurunkan stress, baik stress fisik maupun mental. Bisa juga diminum sebelum tidur, supaya tidur kita lelap dan kondisi fisik dan psikis lebih ike keesokan harinya.
  • PISANG: selain mengandung melatonin dan serotonin dalam kadar kecil, pisang juga memiliki magnesium yang bisa membuat otot-otot tubuh menjadi lebih relaks.
  • BAWANG PUTIH. Lagi bête? Konsumsilah makanan yang mengandung bawang putih. Karena bawang putih akan memicu lepasnya serotonin dalam otak sehingga kita bisa lebih tenang dan meminimalisir bête.
  • KANGKUNG. Membantu zat sedatif yang menimbulkan rasa tenang. Makanya kita sering measa ngantuk setelah makan kangkung, kan?
  • UBI REBUS, JAGUNG REBUS, KENTANG REBUS. Mengandung serotonin yang memicu otak supaya lebih tanang.
  • BUAH LENGKENG. Daging buah ini mengandung sukrosa, glukosa, protein, lemak vitamin A dan B, dan senyawa-senyawa kimia tumbuhan lainnya. Nah, kombinasi senyawa kimia inilah yang berkhasiat untuk mengendurkan saraf, mengatasi gelisah dan sulit konsentrasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s