MEMBUAT KERTAS DAUR ULANG


Ada banyak cara untuk menunjukkan cinta kita terhadap bumi. Salah satunya adalah dengan menggunakan produk daur ulang, seperti kertas daur ulang. Asyiknya nih, bukan hanya menggunakannya saja, tapi kita juga bisa membuatnya. Nggak susah kok.

  1. Bahan dan alat yang diperlukan: kertas bekas, air, ember, blender, baskom, screen sablon, meja, spons, kain katun, papan kayu, batu bata/batako, setrika.
  2. Sobek kecil-kecil kertas bekas, kemudian rendam dalam ember berisi air selama satu-dua hari, sehingga kertas benar-benar lemas.
  3. Blender kertas sampai hancur, seperti bubur.
  4. Tuangkan kertas bubur tersebut ke dalam baskom yang berisi air dan kemudia aduk hingga tercampur rata. Perbandingan bubur kertas dan air tergantung keinginan kita untuk membuat kertas tebal atau tipis. Semakin banyak air, semakin tipis kertas.
  5. Saring campuran tersebut dengan menggunakan screen sablon.

  1. Letakkan screen sablon yang sudah berisi campuran bubur kertas tersebut di atas spons (yang menyerap air) yang sudah dilapisi kain basah. Lakukan ini di atas meja.
  2. Jangan lupa, screen ini diletakkan dengan posisi terbalik, sehingga bubur kertas bisa terlepas dari screen dan menempel pada spons berlapis kain basah tersebut. Cara melepaskannya cukup dengan  menggosok screen secara perlahan ya, jangan digebrak apalagi dibanting.
  3. Setelah itu tutup dengan kain basah dan tambah lagi lapisan bubur kertas di atasnya dan lapisi lagi dengan kain basah. Sesudah ada beberapa lapis, press dengan menggunakan papan besar di atasnya dan diberi pemberat seperti batu bata atau batako.
  4. Biarkan beberapa jam sampai airnya berkurang dan bubur kertas mongering menjadi kertas.
  5. Untuk membuat kertas benar-benar kering, jemur kertas tersebut di antara lapisan kain yang tadi mengapitnya. Jangan menjemur kertas secara langsung.
  6. Tahap terakhir adalah menyetrika. Sama seperti menjemur, kertas ada di antara lapisan kain. Jadi tidak terkena setrika secara langsung.
  7. Taraa! Kertas daur ulang kita pun sudah jadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s