SMS-AN BIKIN LUPA SEGALANYA


Kalo udah pegang HP dan sms-an bareng temen, rasanya lupa deh sama hal lain. Apa iya teknologi komunikasi ini malah merugikan?Pasti beberapa orang tua dari kamu kadang suka mengeluhkan kebiasaan kita yang hobinya sms-an, telpon-telponan, atau asik main game.Karena keasikan main HP itu biasanya kita juga akan lupa sama waktu. Menurut psikolog remaja, teknologi atau HP hanyalah pelegkap dari hobby remaja. Kembali pada karakteristik remaja yang sedang gandrung berafiliasi (bersosialisasi) pada teman sebayanya, jadi HP hanya pelengkap aja.

Selain itu bagi mereka yang seusia remaja bergaul itu lebih penting, karena mereka akan bertemu dengan dunia lain dari komunikasi lewat SMS. Apalagi berkomunikasi dengan SMS sekarang ini nggak hanya sekedar member kabar aja. Tapi, text SMS banyak yang lucu dan kreatif. Akhirnya mereka merasa lebih fun kalo berhubungan lewat SMS.

Walaupun maksud orang tua member HP untuk mengontrol anak, tapi remaja pasti akan memanfaatkan apa yang sudah dia punya semaksimal mungkin. Jadi, jangan heran jika remaja malah menggunakan HP untuk games atau SMS-an terus. Oleh karena itu, sebelum member HP pada remaja, kudunya orang tua membuat kesepakatan pada anak. Misalnya, mereka akan diberi HP namun dengan syarat nggak boleh lupa waktu. Kalaupun mereka melanggar, orang tua juga harus tau konsekuensi pada remaja.

Dan yang pasti semua hal itu harus dibiasakan agar remaja nggak terlanjur menjadikan main HP jadi hal yang harus dilakukan sepanjang waktu. Untuk kita juga kudu sadar, bahwa waktu kita nggak semuanya digunakan untuk SMS-an atau main HP. Ini juga perlunya landasan karakter dan kepribadian yang kuat pada remaja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s