TRIK HADAPI PENCONTEK


Saat ujian pasti sebel banget kan kalo ada temen yang nyontek. Apalagi kalo sebelumnya kita udah belajar giat, eh teman kita ini enak banget minta dicontekin. Biar kamu ngga bête, dibawah ini ada trik untuk menghadapi si tukang nyontek.

1. Tegur baik-baik

Pada awalnya kita bias menegur teman kita. Bilang ke dia kalo perilaku dia itu ganggu banget. Tapi, kalo tetep aja ngga berubah, mendingan kita pura-pura nggak dengar aja. Cuekin dia.

2. Tegas

Ternyata ada juga lho temen yang walau udah dicuekin masih aja ganggu. Misalnya melempar kertas contekkan, sampai mangil kita pas ujian. Nah, kalo dibilang baik-baik ngga bias, kita bias sedikit tegas. Jika perlu ancam aja kita bakal aduin dia ke guru.

3. Kasih tau resiko

Selesai ujian, pas lagi ngobrol-ngobrol, kita bias kasih tau ke temen yang suka nyontek itu kalo perbuatannya nggak bener. Bisa ketahuan guru lalu dikeluarin dari kelas deh. Selain itu kita juga bias dapet image jelek. Akhirnya banyak temen-temen yang menjauh deh. Yah, diharapkan sih temen kita bakalan kapok dan mau belajar.

4. Ajak belajar bareng

Selanjutnya, kita bias Tanya kenapa temen kita itu minta contekkan. Nah, selain member nasehat, kita juga bias kasih solusi. Misalnya, ajak dia belajar bareng. Mungkin dia mengalami kesulitan belajar. So, kita bias bantu dia.

5. Konsultasi ke guru

Kalo temen kita itu teteeep aja cari contekan pas ujian, kita konsltasikan ke guru pembimbing aja. Ceritakan masalah ini dan biarkan guru kita yang bertindak. Agar kita nggak dimusuhi, kita bias minta guru kita untuk nggak kasih tau yang melapor itu diri kita. Toh, ini untuk kebaikan temen kita juga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s