Pandai Mengelola Uang


Hal terpenting menjadi pengusaha adalah pandai mengelola uang. Ajarkan anak untuk mengelola uang dengan baik. Pertama-tama kenalkan uag. Usia berapa anak mengenal uang? Yaitu 3-5 tahun. Biarkan anak mengenal uang dan nilainya. Sifat orangtua yang over protektif dan memanjakan anak, anak minta apa saja dibelikan oleh orang tua, dan orang tua yang melakukan transaksi, membuat anak tak megenal nilai uang.

Pertama-tama, tentukan lebih dulu uang jajan yang tepat untuk anak. Misalnya Rp 5000,-. Berikan uang itu, ajarkan anak untuk memenej uang itu. Biarkan anak membeli sendiri dengan uang itu. Sehingga ia tahu nilai uang itu. Setelah uang itu habis, jangan berikan lagi, Kecuali ada tawar-menawar.

“Kamu boleh mendapatkan uang lagi, Rp 1000, misalnya, asalkan membantu ayah merapikan perpustakaan. “Dengan cara begitu, anak merasakan, untuk mendapatkan uang diperlukan sebuah upaya. Dia harus bekerja lebih dulu untuk mendapatkan uang jajan tambahan.

Dengan anak bertransaksi pada penjual langsung, anak akan belajar matematika lebih awal. Ia membeli cokelat dengan harga Rp 1000, uangnya Rp 5000. Ia akan tahu uang kembalian yang ia terima dari penjual.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s