JANGAN LUPAKAN NILAI PENDIDIKAN NASIONAL


Rintisan SBI harus kita dukung utnuk meningkatkan mutu nasional. Namun demikian jangan sampai meninggalkan nilai pendidikan nasional yang diwariskan oleh para guru bangsa.

Kita harus menyambut RSBI dengan positive thinking. Apalagi RSBI mengarah pada kemajuan pendidikan, jadi harus tetap didukung supaya tidak tertinggal dari yang lainnya. Akan tetapi jangan sampai berkiblat sepenuhnya pada pendidikan luar negeri, karena dikhawairkan peserta didik melupakan nilai-nilai pendidikan nasional.

RSBI juga memiliki nilai plus dan minusnya. Plus RSBI dapat dilihat dari segi sarana dan prasarana, penggunaan ICT, dan dari segi ilmu pengetahuan yang semuanya sudah berstandar Internasional. Minusnya adalah terletak dari nilai nilai pendidikan nasional yang mulai tak diterapkan lagi.

Maksud dari nilai-nilai pendidikan nasional adalah banyak sekali warisan tokoh-tokoh pendidikan nasional yang tidak dikembangkan lagi, padahal masih sangat potensial untuk dikembangkan. Salah satu contoh, konsep sederhana Ki Hajar Dewantara yang terkenal, yakni Tut Wuri Handayani (dari belakang member dorongan), Ing Madya Mangun Karsa (di tengah menciptakan peluang untuk berprakarsa), Ing Ngarsa Sung Tuladha (di tengah member teladan). Ini merupakan salah satu nilai-nilai pendidikan nasional.

Yang banyak menjadi pertanyaan yaitu apakah lulusan RSBI benar-benar kompeten bersaing dalam era globalisasi ini? Dari segi keilmuan pastinya berkompeten, sehingga mampu bersaing di era globalisasi. Namun belum tentu mencetak generasi bangsa yang berkepribadian utuh, karena nilai-nilai pendidikan nasional kurang dominan untuk diterapkan.

Sesuai dengan RUU Sikdiknas, dengan filosofi pendidikan educate, bahwa pendidilkan itu menghantar pada tumbuhnya kepercayaan diri, kemandirian, kedewasaan, dan kecerdasan peserta didik. Serta sesuai dengan Pancasila.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s