Kemunduran Umat Islam


  1. A. KEMUNDURAN UMAT ISLAM
  1. 1. SEJARAH SINGKAT

Kekuatan politik Islam mengalami kemunduran secara drastis setelah keruntuhan Dinasti Abbasiyah di Baghdad. Beberapa peninggalan budaya dan peradaban Islam seperti Kota Bagdad sebagai pusat kebudayaan  dan peradaban Islam yang kaya dengan khazanah ilmu pengetahuan, ikut lenyap dibumihanguskan oleh pasukan Mongol.

Munculnya tiga kerajaan besar, yaitu Kerajaan Turki Usmani di Turki, Kerajaan Mugal di India, dan Kerajaan Safawi di Persia (Iran) membuat politik umat Islam mengalami kemajuan secara keseluruhan. Namun, ketika kerajaan besar Islam itu mengalami kemunduran di abad ke-18 M, Eropa Barat mengalami kemajuan dengan pesat. Sehingga Bangsa Eropa dapat dengan mudah menduduki dan menjajah negeri-negeri Islam di Asia Tenggara, anak benua India, dan negeri-negeri Islam Timur Tengah disusuki pada masa berikutnya.

Penyebab kemunduran umat Islam adalah :

  1. adanya perubahan sistem pemerintahan Islam, yaitu dari system kekhalifahan menjadi sistem kerajaan.
  2. Adanya pertentangan golongan Syiah dengan Suni, aliran Muktazilah dengan aliran Asy’ariah, kaum sufi dengan kaum syariah.
  3. Masuknya adat istiadat dan ajaran-ajaran bukian Islam ke dalam keyakinan Islam, sehingga memunculkan khufarat, bidah, dan takhayul.
  4. Adanya keyakinan umat Islam bahwa pintu Ijtihad telah tertutup.

  1. 2. PENJAJAHAN BARAT ATAS DUNIA ISLAM

Eropa mengahadapi tantangan yang sangat berat. Ternyata terdapat kekuatan-kekuatan perang Islam yang sulit dikalahkan, terutama Kerajaan Turki Usmani yang berpusat di Turki. Mereka melakukan penelitian tentang rahasia alam dengan menaklukan lautan dan menjelajahi  benua yang sebelumnya diliputi kegelapan. Setelah Christopher Colombus menemukan Benua Amerika (1492 M), Vasco da Gama menemukan jalan ketimur melalui Tanjung Harapan (1498 M), keduanya jatuh ke tangan Eropa dan Eropa menjadi maju dalam dunia perdagangan karena tidak tergantung lagi kepada jalur lama yang dikuasai umat Islam.

Kenajuan Barat melampaui Kelajuan Islam yang sejak lama mengalami kemunduran. Hal itu dipercepat oleh penemuan dan perkembangan dalam bidang ilmu pengetahuan, penemuan mesin uap, teknologi perkapalan dan militer yang makin memantapkan mereka. Satu demi satu negeri Islam jatuh kedalam kekuasaan Eropa sebagai negeri jajahan, diantaranya India, Asia Tenggara, dan sebagian Timur Tengah.

India adalah negeri yang kaya dengan hasil pertanian pada masa Kerajaan Mugal. Itulah yang mengundang Bangsa Eropa yang sedang mengalami kemajuan utnuk berdagang kesana. Pada tahun 1611 M, Inggris dan Belanda mendapatkan izin menanamkan modal.

ò Tahun 1761 M : Kongsi Dagang Inggris, British East India Company (BEIC) mulai menguasai India bagian timur. Para penguasa setempat sempat mencoba memperahankan kekuasaan dan perang melawan Inggris, namun tidak berhasil.

òTahun 1803 M : Kota Delhi yang menjadi ibu kota Kerajaan Mugal mulai dibayang-bayangi oleh Inggris.

òTahun 1842 : Keamiran Muslim Sind di India dikuasai Inggris.

òTahun 1857 M : Kerajaan Mugal dikuasai penuh dan rajanya dipaksa untuk meninggalkan istana.

òTahun 1879 M : Inggris berusaha menguasai Afganistan

òTahun 1899 M : Kesultanan Balukistan  berada dibawah kekuasaan India-Inggris.

masih banyak lagi penjelasan tentang kemunduran Umat Islam, klik Download File KEMUNDURAN UMAT ISLAM semoga bermanfaat..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s