JAM BIOLOGIS MANUSIA


Setiap manusia pasti memiliki jam biologis. Fungsinya diatur oleh otak untuk menentukan kapan tubuh butuh istirahat, kapan beraktivitas.

Meskipun demikian, terkadang jam biologis juga perlu diubah sesuai kebutuhan. Misalnya, saat kita perlu bangun lebih awal untuk pergi ke sekolah atau ke kampus di pagi hari, dan nggak bias mengandalkan alarm untuk membangunkan kita.

Sekali gagal, besok masih bias dicoba. Nggak perlu patah semangat jika mengalami kegagalan, karena kita masih bias tetap mengusahakannya. Ulangi saja beberapa langkah berikut untuk mengatur jam biologis kita.

  1. TIDUR BERAPA LAM,tidur selama tubuh kita membutuhkannya. Tapi perhatikan, untuk berapa lama. Dalam satu malam, kita bias saja tidur selama 5, 6, 8 atau bahkan 10 jam.

Meskipun langkah ini nggak akan terlalu banyak membantu kita dalam menentukan jam bangun, maupun jam tidur, namn langkah ini sangat penting untuk memastikan kondisi dan stamina yang sangat kita butuhkan dalam beraktivitas. Jadi, tentukan berapa waktu yang kita butuhkan untuk tidur, dan berjanjilah bahwa kita nggak akan pernah berusaha untuk menguranginya.

  1. MATIKAN LAMPU

Para peneliti dari Harvard mengungkapkan, bahwa dalam jam biologis diatur oleh bagian otak yang dilengkapi dengan saraf yang disebut dengan suprasiasmatik (SCN). Dan cahaya merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi aktivitas kerjanya.

Jadi, untuk memastikan agar kita dapat tidur lebih cepat, usahakan agar lamar tidur dalam keadaan gelap, tanpa cahaya. Kegelapan mampu menstimulasi SCN untuk menurunkan suhu tubuh, dan memberikan ‘perintah’ kepada tubuh untuk melepaskan melatonin, hormone yang dibutuhkan untuk beristirahat.

  1. TANAM DALAM PIKIRAN

Tanamkan ke dalam pikiran, jam berapa kita akan bangun. Baik dengan melakukan teknik visualisasi, alarm, dll. Intinya, dengan berpikir bahwa kita ingin bangun pada waktu tersebut akan dapat membuat kita lebih mudah terbangun.

Jika masih merasa kesulitan, pikirka. Seberapa sering kita terbangun beberapa menit sebelum alarm berbunti?

Hal tersebut bukan merupakan suatu kebetulan semata. Berdasarkan riset yang dilakukan di University Lubeck, Jerman, antisipasi terhadap waktu tertentu dapat memicu pelepasan hormone stress, yang kemudian membuat kita terbangun sekitar beberapa saat sebelum waktu yang kita tanamkan dalam pikiran, untuk mempersiapkan kita dalam menghadapi ‘stres’ yang akan terjadi.

  1. SEGERA TEMUKAN CAHAYA

Begitu terbangun, seketika nyalakan lampu, atau keluarlah dari kamar untuk ‘menemukan’ cahaya. Ingat, cahaya dapat merangsang SCN untuk meningkatkan suhu tubuh dan melepaskan hormone yang dapat mengubah protein menjadi energy yang kita perlukan untuk melakukan aktivitas harian.

 

PERHITUNGAN WAKTU LAINNYA?

Waktu biologis lain yang juga perlu dijaga, adalah usia. Banyak cara ditawarkan untuk membantu kita agar tampak lebih muda, namun masih banyak cara alami untuk mengurangi lajunya perjalanan usia.

  1. Hingga Kapasitas Kita. Hindari kurangnya asupan kalori secara berlebihan.
  2. Seimbangkan Selera. Selera yang berlebihan merupakan pertanda adalanya kelebihan panas dlaam tubuh.
  3. Tingkatkan Asupan Cairan. Usahakan untuk memberikan asupan cairan sebanyak mungkin.
  4. Ingat Anti Oksidan. Berikan asupan anti-oksidan bagi tubuh.
  5. Hindari Stimulan. Hindari, atau setidak-tidaknya kurangi asupan tembakau, alcohol, makanan yang digoreng, serta gula.
  6. Jaga  Berat Badan Ideal. Tidak perlu kekurangan atau kelebihan berat badan.
  7. Yang Kaya Serat. Konsumsi makanan yang banyak mengandung serat.
  8. Selalu Positif. Usahakan untuk senantiasa bergaul dengan orang-orang yang dapat membuat kita selalu bersikap positif.

3 thoughts on “JAM BIOLOGIS MANUSIA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s